Starting Over part 2

September 23, 2016
2016. Sudah lebih dari 1 tahun semenjak tulisan saya yang terakhir di bulan Mei 2015.
Apa yang berubah dari hidup saya semenjak tulisan saya yang terakhir? Banyak.
Minimal ada 5 hal besar yang berubah dalam hidup saya selama 1 tahun terakhir.

1.     Tempat tinggal
Dulu: saya tinggal di Jakarta. 7 tahun 1 kota. Sambil sesekali travelling ke beberapa kota dan Negara. Paragraf ini akan terdengar membosankan jika dibandingkan dengan paragraf di bawah.
Sekarang: saya tinggal di Jerman, tepatnya di kota Frankfurt. Selama di Jerman saya sudah pernah tinggal di 3 kota, yaitu Überherrn (yang terletak di Bundesland Saarländ), Mainz (Bundesland Rheinland-Pfalz) dan terakhir adalah Frankfurt (Bundesland Hessen). 1 tahun 3 kota. Ke depannya saya akan mulai tinggal di kota Vienna, Austria, paling tidak untuk 2 tahun ke depan. Alasan saya pindah-pindah dan detail pengalaman tinggal di tiap kota akan saya ceritakan di tulisan berikutnya. Yang pasti selama 1 tahun ini pengalaman dan wawasan hidup saya sangat kaya dan seru.
2.     Pekerjaan
Dulu: saya bekerja di perusahaan kosmetik multinasional selama 5 tahun. Membangun karir dari management trainee hingga jadi product manager di perusahaan yang katanya diimpikan oleh banyak orang untuk bekerja didalamnya. Tapi kemudian saya tinggalkan untuk pekerjaan di bawah.
Sekarang: saya bekerja di industri dan jenis pekerjaan yang sama sekali berbeda dan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan sebelumnya. Detail dan alasannya akan saya ceritakan di tulisan berikutnya (agak tidak menjawab poin sebelumnya yah…)
3.     Cita-cita
Dulu: cita-cita saya itu bekerja, menikah, punya anak, bikin bisnis sendiri dan seterusnya.
Sekarang: sebagian masih sama sih dengan yang dulu, tapi berhubung masih belum dapat pasangan hidup yang cocok, jadi isi waktu dengan mencapai cita-cita kuliah di luar negri, dan semoga bisa lanjut kerja di luar negri juga. :p
4.     Bahasa yang Dikuasai
Dulu: Bahasa Indonesia, Inggris.
Sekarang: Bahasa Indonesia, Inggris, Jerman dan sedikit bahasa Italia.
5.     Jumlah negara yang sudah dikunjungi
Dulu: Asia saja. Kebanyakan Asia Tenggara. Mulai dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Hongkong, Cina, Jepang. Singapura tidak ada dalam list saya karena belum ada kesempatan, dan minat.
Sekarang: Asia + Eropa. Negara-negara diatas ditambah dengan Jerman, Prancis, Belanda, Swiss, Austria, Luxemburg, Slovakia.

Banyak perubahan, tapi karakter rendah hati saya masih sama kok… *ditimpukin
Ke depannya tulisan saya akan membahas tentang pengalaman saya kuliah di Austria, pengalaman tinggal di Jerman dan tips-tips bertahan hidup di Eropa dengan budget minimalis ;).

Dan saya juga akan mulai coba nge-vlog, mengikuti trend nge-vlog yang lagi marak, mulai dari orang biasa sampai anak Presiden aja nge-vlog.

Jadi selamat menikmati kisah-kisah saya ke depannya. J

B,
Frankfurt, 18 September

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.